Ulasan Redaksi Bantengmetro, Terkait Hari Pahlawan Nasional Di Labuhanbatu, Sepi Dari Pemberitaan

Labuhanbatu,Bantengmetro.com-Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia yang diperingati 10 Nopember tiap tahunnya oleh bangsa ini, selalu disertai dengan upacara kebangsaan, tabur bunga atau kegiatan lainnya, untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan dari tangan penjajah bahkan dengan darah dan air mata.

Jika pemerintahan pusat yang dipimpin oleh seorang presiden Republik Indonesia dengan rentetan kegiatan mengenang jasa para pahlawan dapat terpublikasi dengan baik dan seharusnya hal itu diikuti oleh kepala-kepala daerah didaerahnya masing-masing.

Peran penting pemerintah sangat dibutuhkan memberi pembelajaran kepada rakyatnya, tujuan dan kepentingannya tentu untuk memberikan contoh kepada masyarakat dan para generasi muda agar senantiasa jangan sekali-kali melupakan sejarah (Jasmerah).

Selayaknya didaerah pun demikian, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu sendiri sebenarnya telah melakukan beberapa rangkaian acara untuk mengenang jasa para pahlawan dan rakyat pejuang bambu runcing yang telah gugur dengan mempertaruhkan nyawa.

Namun serangkaian acara yang dilakukan oleh forkopimda Labuhanbatu untuk mengenang jasa para pahlawan kurang terpublikasi, sehingga timbul kesan dan tudingan miring terhadap instansi terkait dalam hal ini dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo)  kurang koordinasi dan dituding adanya dugaan alergi terhadap media, seperti dikutip dari beberapa media online


Hal itu dikatakan Ketua DPC MOI Labuhanbatu Saipul Bahri Ritonga kepada Wartawan. Kamis (10/11/2022) di Rantauprapat. Keterbukaan informasi publik di atur dalam undang-undang nomor 14 tahun 2008. 

"Kami sangat menyayangkan kegiatan hari besar nasional 10 november 2022 tidak terpublikasikan ke masyarakat oleh pemberitaan awak media,"sebutnya.

Ketua DPC MOI Labuhanbatu berharap, Kominfo Labuhanbatu koordinasi kepada Pers sehingga kegiatan-kegiatan positif dan membangun bisa terpublikasikan.

"Kominfo Labuhanbatu Kurang Koordinasi Pada Awak Media diduga alergi sehingga Minimnya Publikasi kegiatan kegiatan Pemkab,"Bebernya.

Sangat disayangkan kegiatan hari besar Nasional berupa, Hari pahlawan 10 Nopember 2022 yang dilaksanakan Bupati Labuhanbatu,tidak terpublikasikan sampai jam 13.00 WIB  hari ini.

"Terbukti digroup-group media belum ada yang menerbitkan kegiatan Bupati Labuhanbatu tentang Hari pahlawan10 nopember 2022," ucapnya.

Sementara tambahnya syaiful, Bupati Labuhanbatu udah selesai melaksanakan kegiatan upacara di Lapangan ikabina setelah itu ziarah kemakam pahlawan selanjunjutnya ziarah ke makam umum padang matinggi. 

"Dimana kita memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada setiap tanggal 10 November setiap tahun. Hal ini adalah untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari bumi Indonesia," tandasnya. 

Terpisah, Plt Kadis Kominfo Ahmad Fadly Rangkuti saat dikonfirmasi membanta tudingan tersebut dia mengatakan dibuatnya berita jam 13.00 belum naik,itu tidak benar.

"Cek di medsos Diskominfo jam 12 uda tayang, itu jejak digital gak bisa di otak- atik dari situ kan uda tau kita dia yang yang tak tau," jelasnya.

Ditambahkannya,Rilis dari Kominfo bukan berita saja, ada juga foto dan video dari kamera dan drone.

"Mungkin gak paham sampai kesana, apalagi acara nasional dan ada rangkaian kegiatannya  intinya dari yang katanya jam 13.00 belum naik berita itu udah hoax, bisa di cek jejak digitial penanyangannya,"ucap Fadly.


Mencermati pemberitaan diatas, koordinasi Diskominfo dengan para media seakan tidak berjalan maksimal, sehingga kegiatan forkopimda Labuhanbatu terkait peringatan hari besar seperti Hari Pahlawan Nasional Republik Indonesia dilabuhanbatu sepi dari pemberitaan.

Seakan Labuhanbatu kurang menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur dengan memberikan kemerdekaan yang dapat dinikmati generasi saat ini, pada hal nyatanya tidak seperti itu, bahwa serangkaian kegiatan forkopimda Labuhanbatu untuk mengenang jasa pahlawan sebenarnya ada.

"Ini menjadi perhatian kita bersama, sangat disayangkan momen hari besar bangsa ini seperti terabaikan, apalagi ini terkait jasa para pahlawan, kedepan hal ini tidak perlu terjadi jika koordinasi pemkab dengan para media yang ada atau bahkan telah bekerjasama dengan pihak Pemkab berjalan dengan baik", papar JB Gultom, Pemimpin Redaksi Bantengmetro.com.

Dikatakan JB Gultom, dikantor Bantengmetro.com dijalan Kotapinang no 23 B, Kelurahan Kartini, Kabupaten Labuhanbatu, Sumut, hasil pembicaraannya dengan Kadiskominfo Labuhanbatu pagi ini, Jumat, (11/11/2022), sekira pukul 08.01, disimpulkan, rangkaian kegiatan Pemkab Labuhanbatu untuk mengenang jasa para pahlawan sudah terbit sekitar pukul 12.00 wib, dan sudah di share di group dan medsos diskominfo Labuhanbatu.

"Pertanyaan kita dengan Kadiskominfo Labuhanbatu sama, jika release berita sudah ditayang oleh Diskominfo pukul 12.00, para mitra media yang telah bekerjasama sudah selayaknya menayangkan berita tersebut", ujarnya.

Dikatakan Bung JB panggilan akrabnya dan menyarankan, agar semua pihak sama-sama instrospeksi, perlu dilakukan evaluasi bentuk kerjasama yang lebih baik lagi.

"Sama-sama instrospeksi aja, carikan solusi, Evaluasilah, bentuk kerjasamanya seperti apa? Mungkin perlu diperbaharui, Kan perlu komitmen antara kedua belah pihak, itu saran saya", tandasnya, (Red).

Posting Komentar

0 Komentar