Personil KBN Polres Labuhanbatu Dan Di Polsek- Polsek, Lakukan Patroli Dan Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Masyarakat

Labuhanbatu, Bantengmetro.com– Personel Posko KBN Polres Labuhanbatu dan di Polsek-polsek melaksanakan sosialisasi bahaya narkoba diposko Kampung Bebas dari Narkoba (KBN), disekolah, serta Cegah Stunting, Senin (23/10/2023).

Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK., SH., MH., MIK melalui Kasi Humas IPTU Parlando menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut setelah dibentuk 13 Posko KBN Polres Labuhanbatu di Kab. Labuhanbatu dan Kab. Labuhanbatu Utara.

Adapun Personel yang melaksanakan yaitu Aiptu Andi Fahri Hsb, Aiptu Sumedi, Brigpol Hardisyah P. Saragih dan Bripda Doli H. Sitompul.

Lanjutnya, “bahwa 13 lokasi KBN dipilih berdasarkan data kerawanan tindak pidana narkotika serta informasi dari masyarakat terkait maraknya peredaran dan penyalahguna narkoba di lingkungan tersebut” ujar Iptu Parlando.

Selain melakukan sosialisasi, Personel juga rutin terus melakukan patroli dialogis pagi hari, siang maupun malam hari di sekitar wilayah kerja Posko KBN sebagai antisipasi serta menekan ruang gerak para pelaku tindak pidana narkoba.


Polsek Merbau juga melakukan giat yang sama diposko KBN yang berada diwilkumnya, Kapolsek Merbau AKP J. Pasaribu menjelaskan bahwa kegiatan tersebut berlokasi di wilayah kerja Posko KBN Link. IV Kampung Jawa Kel. Merbau Kec. Merbau Kab. Labuhanbatu Utara.

Giat itu dipimpin oleh Ipda M. Sebayang bersama anggota Aiptu H. Purnama, Aiptu T. Simbolon dan Bripka Erwin Sagala.

Kata Kapolsek, Selain melakukan sosialisasi, Personel Polsek Merbau juga rutin terus melakukan patroli pagi, siang maupun malam hari di sekitar wilayah kerja Posko KBN sebagai antisipasi serta menekan ruang gerak para pelaku tindak pidana narkoba.

“Personel kita juga mengajak masyarakat Kec. Merbau untuk segera melaporkan kepada pihak Kepolisian apabila ada mengetahui terkait peredaran dan penyalahguna narkoba di lingkungan tempat tinggal mereka” imbuh Akp J. Pasaribu.


Demikian dengan Personel Polsek Aek Natas Polres Labuhanbatu, namun Polsek Aek Natas melakukan giat sosialisasi bahaya narkoba disekolah.

Program Police Goes To School berikan pemahaman terkait bahaya narkoba kepada siswa/i SMP (Sekolah Menengah Pertama), Senin (23/10/2023).

Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK., SH., MH., MIK melalui Kapolsek Aek Natas AKP J. Ginting mengatakan, giat itu berlokasi di Sekolah SMPN 1 Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Giat itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Aek Natas bersama anggota Iptu H. Harahap, Aiptu A. Hasibuan dan Briptu Jan Eduward.

Kapolsek Aek Natas menerangkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk kegiatan preemtif dengan memberikan himbauan,sosialisasi serta pemahaman bahaya narkoba kepada para siswa/i sekolah yang berada di wilayah Polsek Aek Natas.


“Kegiatan Police Goes To School ini kita lakukan secara bertahap ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah Kec. Aek Natas, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya Polres Labuhanbatu dalam pemberantasan terhadap peredaran dan penyalahguna narkoba serta menyelamatkan generasi muda dari pengaruh narkoba” ujar AKP J. Ginting.

Personel juga mengajak masyarakat di Lingkungan masing-masing untuk segera melaporkan kepada pihak Kepolisian apabila ada mengetahui terkait peredaran dan penyalahguna narkoba di lingkungan tempat tinggalnya, Selain kegiatan-kegiatan preemtif, preventif maupun represif dalam penanganan tindak pidana narkoba, Polres Labuhanbatu juga mengedepankan upaya rehabilitasi narkoba terhadap para korban/pelaku pengguna narkoba.

Karena bahaya penyalahgunaan narkoba juga bisa mempengaruhi hubungan sosial generasi muda, menyebabkan perubahan perilaku, ketidakstabilan emosional, dan ketidakmampuan untuk menjaga hubungan yang sehat dengan keluarga, teman, dan masyarakat sekitar.

Kegiatan ini guna menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo serta sebagai bentuk implementasi dari Program Kapolda Sumatera Utara mengenai “Narkotika Musuh Bersama”.


Sementara itu, Personel Bhabinkamtibmas Polres Labuhanbatu lakukan sambang, berikan himbauan jaga situasi kamtibmas, menjelang Pemilu tahun 2024 serta dalam rangka Ops Mantap Brata Toba 2023-2023 di wilayah Polres Labuhanbatu,
 Senin (23/10/2023).

Kapolres Labuhanbatu AKBP James H. Hutajulu, SIK., SH., MH., MIK melalui Kasi Humas IPTU Parlando menjelaskan bahwa kegiatan tersebut dilakukan di wilayah Kec. Rantau Utara Kab. Labuhanbatu.


Giat itu dilakukan Aiptu Endi Siswanto, Aiptu S. Manulang, Aipda Mhd Arifin Siagian dan Aipda Mardiani.

Kegiatan ini dilakukan dengan menyambangi langsung toko agama, toko pemuda, toko adat dan masyarakat lainnya, kemudian mengajak untuk bersama-sama menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang serta pada tahapan pemilu tahun 2024.

Hal itu merupakan implementasi dari Program Prioritas Kapolda Sumatera Utara yaitu penanganan area publik yang aman dan nyaman serta mewujudkan Pemilu damai di wilayah Polda Sumatera Utara, (Red).

Posting Komentar

0 Komentar