FK-Ba'tama Labuhanbatu Periodesasi 2024 - 2029, Resmi Ditabalkan


Bantengmetro.com,Labuhanbatu-Tokoh-tokoh Batak Toba Labuhanbatu sepakat untuk membentuk wadah baru dengan nama "Forum Komunikasi Batak Toba Marsada (FK Ba'tama) Labuhanbatu, Rabu (28/02/2024).

Pembentukan FK - Ba'tama Labuhanbatu dilaksanakan di Warkop Marsada, Jl. Sei Tawar No. 01 a, Kel. Bina Raga, Kec. Rantau Utara, Labuhanbatu - Sumut, yang bertujuan untuk menyatukan persepsi bangso Batak (Sebutan untuk suku Batak) Se-Labuhanbatu agar dapat bersatu untuk mencapai tujuannya.

Selain itu, FK-Batama Labuhanbatu juga memberikan ruang bagi para pemikir, agar warga Batak Toba dapat menyampaikan ide dan gagasannya demi kemajuan Labuhanbatu kedepannya.

Hal itu disebutkan Drs. J. Simamora, MM sebagai salah satu inisiator terbentuknya wadah FK-Ba'tama Labuhanbatu, dengan niat baik dan tujuan yang mulia.

"Dibentuknya wadah ini tidak menjadi wadah tandingan terhadap wadah yang sudah ada, karena kita tahu wadah yang sudah ada sekarang bukan untuk politik praktis, tetapi membidangi adat dan tradisional batak, seperti Lembaga Adat Batak Toba Dalihan Natolu (LDN)", Ujarnya.
 

Dikatakan Simamora, wadah ini bukan untuk memenuhi ambisi semata, apalagi kepentingan pribadi.

Menurutnya, sudah saatnya Batak Toba punya wadah yang dapat menampung dan menyalurkan aspirasinya, serta ikut berpartisipasi membangun Labuhanbatu, baik sebagai ASN, pejabat negara dan swasta atau sesuai aktifitas masing-masing.

"Wadah yang akan kita bentuk ini diharapkan dapat menampung dan menyalurkan aspirasi kita, dan apabila ada ide dan gagasan dapat tersalurkan, baik sebagai ASN, Pejabat negara, swasta, atau pekerja lainnya, sesuai keahlian masing-masing", paparnya.


Inisiator lainnya adalah merupakan mantan anggota DPRD Labuhanbatu Dua periode berturut-turut, M.U Hasibuan, SH menyampaikan, orang seperti dirinya memerlukan wadah yang ingin menyalurkan dan berbagi pengalaman politiknya kepada orang-orang muda sebagai penerus.

"Saya masih ingat pesan pendiri LDN yaitu Almarhum amang Simanungkalit, agar LDN tidak dibawa kepada politik praktis, maka kita sepakati dan jaga sama-sama pesan itu, maka kita perlukan wadah baru yang memang bergerak di bidang itu, apalagi seperti saya yang Dua periode berturut-turut menjadi anggota DPRD Labuhanbatu, memerlukan tempat untuk berbagi pengalaman politik kepada generasi muda, karena setiap masa ada orangnya dan setiap orang ada masanya", kata wakil ketua LDN ini dengan tegas.


Akhirnya, setelah disepakati nama wadahnya, kemudian para tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat Batak Toba sepakat untuk membentuk FK-BATAMA Labuhanbatu dan mempercayakan kepengurusan dengan periode Lima tahun kedepan, adalah sebagai berikut;

Ketua Umum: Drs. J. Simamora, MM
Wakil Ketua Umum: M.U Hasibuan, SH.
Sekretaris Umum: JB Gultom
Wakil Sekretaris Umum:
Bambang Silitonga, SH
Bendahara Umum:
T. Simanungkalit.


Para tokoh-tokoh adat dan tokoh masyarakat dipimpin M. Silitonga dan P. Siregar akhirnya menabalkan atau melantik pengurus yang terpilih dan agar segera melengkapi struktur kepengurusan.

Setelah dilantik menjadi ketua Umum FK-Ba'tama Labuhanbatu, Drs. J. Simamora, MM menyampaikan harapannya, agar seluruh masyarakat Batak Toba se-Labuhanbatu memberikan doa restu dan mendukung kepengurusannya Lima tahun kedepan.

"Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, sebagai pengurus kami sangat membutuhkan dukungan semua para orang tua kami, tokoh marga, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta tokoh pemuda Batak Toba Labuhanbatu, agar kedepannya kami dapat memberikan yang terbaik untuk kemajuan bersama dan Labuhanbatu yang kita cintai ini", ungkapnya 



Usai pelantikan, ucapan selamat dan sukses datang silih berganti dan bersalaman dengan para tokoh-tokoh yang hadir, sebagai bentuk dukungan kepada kepengurusan yang telah terbentuk.





P. Siregar seorang tokoh adat yang juga ketua bidang di LDN Labuhanbatu mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus terpilih, serta menyampaikan harapannya.

"Selamat dan sukses kepada semua pengurus ya, kami berharap FK-Ba'tama Labuhanbatu dapat berkibar didalam kepengurusan ini", harapnya.

Acara tersebut turut dihadiri Ridwan Sianturi, SE., SH., MM, tokoh muda Batak Toba sekaligus ketua pendidikan Labuhanbatu, T. Turnip, Krisna Saut Tambunan, B. Pasaribu, K. Silalahi, R. Siahaan, D. Tobing, AB Saragih, O. Pakpahan, J.A Lumbantobing, S. Sirait, C. Simanjuntak, R. Manalu, E. Pandiangan, P. Tampubolon, T. Doloksaribu, dan tokoh Batak Toba Lainnya,

Dengan doa bersama yang dipimpin St. AB Saragih, acara pun selesai dan berakhir dengan salam-salaman (Red).

Posting Komentar

0 Komentar