Penggunaan DD N-3 Kebun Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu TA 2022 Dipertanyakan

Labuhanbatu, Banteng Metro.com-Pengunaan Dana Desa (DD) N-3 Perkebunan Aek Nabara Kabupaten Labuhanbatu di Tahun Anggaran (TA) 2022 untuk ketahanan pangan pada pos pemberdayaan masyarakat sub bidang pertanian peternakan dipertanyakan.

Pasalnya, di papan Info APBDes N-3 Aek Nabara TA 2022 pada pos Bidang pemberdayaan masyarakat dianggarkan Rp 278.062.100. Dana tersebut dibagi menjadi 5 pos anggaran, untuk sub bidang kelautan perikanan Rp 77.923.000, sub bidang pertanian dan peternakan Rp 70.780.000, sub bidang pemberdayaan UMKM Rp 26.090.000, sub bidang perdagangan perindustrian Rp 27.919.100 dan Bidang Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Rp 75.350.000.

Sedangkan Desa N-3 membelanjakan dana desa untuk ketahanan pangan, membeli bibit ikan berikut 5 unit kolam bulat dari terpal berikut bibit sayuran yang diberikan kepada kelompok warga desa yang sudah mengikuti pelatihan.

"Berapa jumlah anggarannya, saya tidak tahu, tanyakan aja kepada Kepala Desa. Dana itu sudah dibelanjakan.Lihat aja dibebelakang, ada kolam Ikan dan kebun hydropolik" ujar kaur kesejahteraan masyarakat (Kesra) desa N-3 perkebunan Aek Nabara Kecamatan Bilah Hulu menjawab wartawan dikantor desa sambil menghunjuk kearah belakang kantor tersebut, Rabu (11/1/2023).

Kaur kesra dan kaur umum yang berada Dikantor desa itu juga menyebutkan, bahwa kepala desa tidak berada dikantor, sedangkan seketaris desa dan bendahara pergi ke kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Labuhanbatu.

Saat wartawan ingin menanyakan kepada Kepala desa, apakah seluruh dana pada pos Bidang pemberdayaan masyarakat sudah direalisasikan keseluruhan atau tidak, Kepala Desa N-3 tidak dapat ditemui, dicoba dihubungi melalui telepon selulernya, tidak aktip

Terpisah, salah seorang warga yang ditemui wartawan di kolam ikan plastik dimaksud menyebutkan, ikan lele jumbo baru beberapa hari dimasukkan kedalam kolam." Apa sudah diisi bibit ikan kolamnya ?, ohh..mungkin sekitar dua hari lalu bibitnya dimasukkan" ujar warga tersebut sambil melihat isi kolam.

Sementara itu, Abdi Jaya Pohan Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu menyebutkan, Kantor dinasnya hari ini tidak ada kedatangan sekeketaris Desa N-3. Rabu (11/1/2023)," Setahu saya tidak ada seketaris desa yang datang. Keperluan apa pula seketaris desa N-3 datang kekantor" ujar Abdi kembali bertanya, (ACD).

Posting Komentar

0 Komentar