Lemkapi Berikan Apresiasi, Polres Terus Akan BerInovasi



Labuhanbatu,batengmetro.com-Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi), Apresiasi dan beri penghargaan ke Polres Labuhanbatu, atas  keberhasilan Tingkatkan kepercayaan publik tentang program pelayanan. 

Program pelayanan publik yang digagas Polres Labuhanbatu, diantaranya Jumat curhat, ngobrol bareng, SKCK delivery, perpustakaan, dan poliklinik terapung, trauma healing lainnya.

Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Saputra Hasibuan, Selasa 20/6/2023 di Rantauprapat mengatakan, dari survei yang dilakukan, yang paling banyak mendapat respon masyarakat yakni program Jumat curhat.

Program Jumat curhat merupakan bentuk pelayanan langsung kepada masyarakat, Kata dia, disaat itu masyarakat langsung dekat dengan Polisi, bisa menyampaikan keluh kesah Terhadap personil Polres Labuhanbatu.

Lebih jauh katanya, Program ini cukup efektif, sebab masyarakat tak memerlukan perantara untuk menyampaikan aspirasi Kepetugas, Program ini telah berhasil meningkatkan kepercayaan masyarakat, sesuai dengan apa yang diharapan Kapolri.


"Selama dua bulan ini kami terus melakukan pengamatan dan penelitian. Respon terbanyak yang kita temukan, diProgram Jumat Curhat, dan sangat banyak diminati masyarakat," ujar Edi.

Selain itu kata Edi, program lain tidak kalah menarik, misalnya; program trauma hiling yang digagas baru ini, usai pengungkapan kasus pencabulan dan kekerasan dilingkungan pendidikan.

Trauma hiling ditujukan kepada para korban, dan dinilai dapat memberikan cukup efek positif, serta dapat mengontrol trauma yang dialami para korban.

Saat itu kerja cepat Polres, dapat perhatian dan apresiasi dari sejumlah tokoh Masyarakat,"Dan itu dinilai sebagai pelayanan dengan solusi yang tepat," ujarnya.

Selain trauma healing, program perpustakaan terapung juga mendapat respon yang positif, disana para anak sekolah khususnya, dapat menggali ilmu sembari bersantai.


"Anak - anak kami lihat cukup senang, mereka belajar sambil menikmati perjalanan perahu," ungkap Edi.

Dan program menarik lainnya juga tidak kalah menarik simpatik masyarakat yakni SKCK delivery, sebab dapat memudahkan urusan dibalik kesibukan masyarakat.

Serta, lanjut Edi, program Ngobrol Bareng Kapolres yang telah memberikan hasil diantaranya munculnya Sim Keliling, di wilayah pinggir Daerah hukum Polres Labuhanbatu.

"Selama ini mereka keluhkan untuk perpanjangan SIM yang biasanya bisa menghabiskan waktu 5 jam untuk perjalanan, dan saat ini sudah lebih jauh efisien," Tutupnya

Sementara, Kapolres Labuhanbatu AKBP James H.Hutajulu berkomitmen, bahwa Polres akan terus berinovasi membentuk pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

" Saya selaku Kapolres mewakili staf dan jajaran Polsek, mengucapkan terimakasih, kepada Direktur Eksekutif Lemkapi atas apresiasi yang diberikan kepada Polres Labuhanbatu, Kata Kapres, kami akan terus melakukan inovasi, untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan  kepada masyarakat," Tegasnya (ik)

Posting Komentar

0 Komentar