Disaksikan Bupati Dan Kadisdik, Bunda Paud Labuhanbatu Launching "Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan"

Labuhanbatu,Bantengmetro.com-Car Free Day (CFD) atau hari bebas dari kendaraan selalu digandrungi masyarakat yang ingin mengikuti berbagai kegiatan olahraga, seperti senam sehat bersama, bersepeda ria, dan berbagai bentuk olahraga lainnya.

CFD diadakan setiap hari Minggu dari pukul 05.00 Wib sampai dengan 09.00 Wib, dari Jalan MH. Thamrin (Depan Mapolres Labuhanbatu) hingga ke Jalan Ahmad Yani (Simpang Empat), dalam kurun waktu tersebut, jalan akan ditutup bagi kendaraan bermotor.


CFD merupakan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu sebagai Minggu Sehat, bertujuan untuk memberikan ruang bagi masyarakat melakukan kegiatan-kegiatan olahraga, sehingga waktu yang diberikan akan selalu ramai dikunjungi masyarakat.

Momentum itu dimanfaatkan Hj.Maya Hasmita Sp.OG.MKM, menggelar Launching program nasional Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu "Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan" di Labuhanbatu, tepatnya ditugu Simpang Enam, Rantauprapat, Labuhanbatu, Sumut, Minggu (17/08/2023).


Bunda Paud Labuhanbatu (Gelar yang disematkan kepada Hj Maya Hasmita) bersama Masyarakat Memahami Transisi Paud ke SD (MAMA PD) serta Bersekolah Siap Transisi (BESTI) juga memanfaatkannya untuk sosialisasi program Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan.

Efesiensi waktu dengan keberadaan masyarakat banyak di CFD sangat tepat guna untuk mengenalkan Pendidikan model baru dari Paud ke SD yang menyenangkan.


"Kami dan seluruh mitra Paud Negeri dan swasta serta Kepala Dinas Pendidikan Labuhanbatu sudah siap bertransisi Paud Ke SD yang menyenangkan." Ucap Bunda Maya mengawali.

Kami mengajak anak anak paud dan kepada masyarakat untuk terus mendukung yang sudah di launching kan pada hari ini dan berikutnya. 

Kita melaksanakan apa yang dari menteri pendidikan bahwa persepsi pandangan dari orang tua, bahwa untuk tingkat calistung (Baca,Tulis dan Hitung-Red) itu adalah  tidak di terapkan (untuk tingkat anak Paud)

Kami menghilangkan calistung tersebut untuk anak Paud yang di masukkan ke SD, sehingga anak Paud ke SD tidak takut dan menyenangkan bagi mereka. dan selama dua Minggu kami sudah memonitoring dan Alhamdulillah anak anak bisa bersemangat untuk memasuki sekolah SD", ungkapnya.


Di tempat yang sama Bupati Labuhanbatu dr.Erik Adtrada Ritonga, MKM juga hadir dan mendukung penuh acara Launching dan menanggapi kegiatan transisi tersebut dengan positif.

" Kita Mendukung program gerakan transisi Paud ke SD dan menghimbau kepada masyarakat agar menerima dan memahami terutama kepada seluruh yayasan yang ada di Kabupaten Labuhanbatu " ucapnya singkat dan tegas.

Program Kemendikbud RI dengan Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan untuk menghilangkan image dimasyarakat yang selalu menganggap Calistung suatu prestasi yang harus dikejar bagi pendidikan anak Paud, TK dan SD hingga kelas Dua.

Tujuan pemerintah pusat melalui Kemendikbud dengan pendidikan Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan, agar anak-anak pada usia itu seyogyanya masih gemar untuk bermain.

Untuk mendukung program nasional itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Labuhanbatu Asrol Azis Lubis menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memahami kebutuhan anak pada usia dini hingga Delapan tahun.

"Transisi Paud ke SD Untuk menghilangkan tes Calistung masuk SD, umur 0 tahun hingga Delapan tahun ini anak masih bermain dan belajar yang menyenangkan" terangnya.


Dijelaskannya, model pendidikan Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan sudah melalui kajian oleh pakar-pakar, maka Kadisdik Labuhanbatu itu menghimbau semua lapisan masyarakat mendukung program pendidikan Transisi Paud Ke SD Yang Menyenangkan.

"Ini kurikulum merdeka, sudah melalui kajian dan riset, sehingga ini dianggap sangat baik (diterapkan-Red)", kata Kadisdik usai acara launching dan sosialisasi selesai.

Berbagai Kegiatan di isi dengan Senam bersama, Drumband dari anak Paud, lomba mewarna, edukasi untuk anak Paud, Parade busana untuk anak Paud dari TK Paud Se- Kabupaten Labuhanbatu, penandatangan komitmen bersama dengan seluruh lapisan masyarakat dan Bunda Paud Labuhanbatu, bazar juga di sediakan sehingga anak anak merasa nyaman untuk mengikuti gebyar Paud hari dihari itu


Dalam kegiatan itu turut dihadiri, Bupati Labuhanbatu dr. Erik Adtrada Ritonga, Bunda Paud Kabupaten Hj, Maya Hasmita Sp,OG, MKM, Kadis Pendidikan Labuhanbatu Asrol Azis Lubis,SE,MAP, Kadis Kominfo Labuhanbatu Ahmad Fadly Rangkuti,ST.M.Kom, jajaran Forkopimda Labuhanbatu, Kodim 0209/LB, Kabid SD Iwan Budi Kuswara, M.Hum, Kabid PAUD PNF Rida Suriyani Hrp,SE, Organisasi Mitra Pokja II PKK Labuhanbatu, Ketua Korwil, Ketua HIMPAUDI Labuhanbatu  Munawar Nst,SH Ketua Pokja Bunda PAUD Labuhanbatu, Nurleha Ritonga, M.Psi, Bunda Paud Kecamatan Rantau Utara, Bunda Paud Kelurahan, Para awak Media Online dan Elektronik, (Red).

Posting Komentar

0 Komentar