Wakapolres Labuhanbatu Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024

Bantengmetro.com, Labuhanbatu- Polres Labuhanbatu gelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Apel Mapolres Labuhanbatu, Jl. MH. Thamrin, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, Sabtu (01/06/2024) dimulai pukul 07.00 wib.

Upacara dipimpin oleh Wakapolres Labuhanbatu Kompol H. Matondang, S.H., M.H., yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Kasat Samapta AKP Dedi Yansah Putra Ginting, S.H., M.H., berperan sebagai Perwira Upacara, sementara Kanit Pamobvit IPDA Dr. IM. Sipayung, S.H., M.H., bertindak sebagai Komandan Upacara.

Peserta upacara terdiri dari berbagai satuan, termasuk pejabat utama Polres Labuhanbatu, 1 pleton Pama, 1 pleton Sat Samapta, 1 pleton Sat Lantas, 1 pleton Sat Binmas, 1 pleton gabungan staff, 1 pleton Sat Reskrim, Intelkam, dan Narkoba, 1 pleton ASN, serta 1 kompi BKO Brimob Poldasu.

Rangkaian upacara dimulai dengan penghormatan kepada Inspektur Upacara, diikuti oleh laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara. Pengibaran Sang Merah Putih dilaksanakan dengan penuh khidmat, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.


Inspektur Upacara kemudian membacakan teks Pancasila, diikuti dengan pembacaan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dalam amanatnya, Wakapolres Labuhanbatu menyampaikan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia yang mengingatkan kelahiran Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

"Kita memperingati hari lahir Pancasila, momen di mana Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di depan sidang BPUPK. Tema peringatan tahun ini adalah "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", yang menekankan pentingnya Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia yang beragam dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas", demikian bacaan amanat oleh Wakapolres.


Dalam pembacaan amanat tersebut juga menekankan bahwa Pancasila adalah anugerah dari Tuhan yang harus selalu dihidupkan dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat. Dengan semangat Pancasila, Indonesia mampu menghadapi berbagai tantangan, termasuk krisis global, sambil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

Mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama membumikan nilai-nilai Pancasila agar dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. 

Wakapolres berharap agar Allah SWT senantiasa melindungi bangsa Indonesia dan memberikan petunjuk untuk kejayaan negara.

Upacara ditutup dengan penghormatan terakhir kepada Inspektur Upacara dan doa bersama untuk kesejahteraan bangsa dan negara (Red/RH).

Posting Komentar

0 Komentar